Studi Kasus: Mystic Monk Coffee


Analisis Kasus
Visi dan misi pendeta Daniel Mary adalah membangun sebuah tempat peribadatan untuk umat khatolik dan tempat tinggal  birawan di Wyoming dengna membeli tanah peternakan seluas 500 dengan harga 8,9 juta dolar
Namun pendeta Daniel Mary baru mendapatkan dana dari donatur sebesar 250.000 dolar sedangkan dana tersebut tidak mencukupi pendanaan untuk membangun tempat ibadah yang diinginkan oleh pendeta. untuk mewujudkannya pendeta membangun sebuah perusahaan kopi yang bernama Mystic Monk Coffe dimana toko tersebut hasil kerja sama dari para pendeta dan toko lokal. dalam setahun Mystic Monk Coffe mendapat penghasilan sebesar  75.000 dolar dan dana tersebut masih kurang. meski pengalaman dalam berbisnis masih kurang, strategi pendeta untuk semakin maju dengan cara meningkatkan produksi kopi , yaitu kopi  arabika berkualitas tinggi dan biji kopi organic. Dari segi lain Mystic Monk Coffee menawarkan kopi dengan beberapa tingkat kehitaman dan kopi dengan berbagai rasa
            Kemudian pendeta melakukan penjualan secara online melalui media sosial agar penjulan semakin bertambah dan memberikan nilai tambah kepada konsumen. Selanjutnya pendeta membuat program dimana konsumen yang sering membeli produk Mystic Monk Coffee dapat bergabung dalam Coffee Club dengan kemudahan konsumen mendapatkan kiriman produk tanpa harus memesan terlebih dahulu setiap bulannya. Selain itu Mystic Monk Coffee menawarkan T-shirt, Gift Card, Mug dan Lagu. Mystic Monk Coffee juga melakukan penjualan secara grosir ke gerja dan toko kopi local sehingga Mystic Monk Coffee mendapatkeuntungan dari penjualan langsung kekonsumen, penjualan melalui online dan secara grosir.
            Dari segi promosi Mystic Monk Coffee mengandalkan promosi mulut ke mulut, melalui online serta afiliasi. Namun hal ditekankan Mystic Monk Coffee keuntungan yang didapatkan untuk kemakmuran umat dan kemakmuran tempat ibadah dengan slogan ”gunakan dolar kopi untuk membangun gereja katolik”

Alternatif solusi
1.      Pengembangan produk harus lebih focus kepada jenis kopi dengan keistimewaan tersendiri
2.      Meningkatkan promosi
3.      Meningkatkan sumber daya manusi yang telah dimiliki

Pilihan Solusi
            Mystic Monk Coffee harus mengembangkan produk kopi dengan berbagai macam jenis, dikarenakan kekuatan utama dari Mystic Monk Coffee adalah keisitimewaan dari setiap jenis kopi nya

Kesimpulan dan Rekomendasi

            Pengembangan produk kopi menjadi focus utama agara terciptanya loyalitas konsumen, memperbesar pangsa pasar serta Mystic Monk Coffee harus dapat mempertahankan konsumen yang telah dimiliki

Komentar